News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kapolsek Bantarkalong,Telah terjadi bencana Alam tanah longsor di jalan penghubung Antara Desa Pamijahan Kecamatan Bantarkalong dan Desa Mekarlaksana Kecamatan Culamega.

Kapolsek Bantarkalong,Telah terjadi bencana Alam tanah longsor di jalan penghubung Antara Desa Pamijahan Kecamatan Bantarkalong dan Desa Mekarlaksana Kecamatan Culamega.



SuryaBatara-Polres Tasikmalaya Polda Jabar.
Pada hari kamais tanggal 22 September 2022 sekira pukul 23.00 wib, telah terjadi bencana alam tanah longsor di jalan penghubung antara Desa Pamijahan Kecamatan Bantarkalong dan Desa Mekarlaksana Kecamatan Culamega. Tepatnya di kampung Panyalahan Rt. 02 / 03 Desa Pamijahan Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam kejadian Bencana alam tanah longsor tersebut menururut keterangan saksi, Tajul bin Ecang Badrusalam yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi kejadian mengtakan, " Terdengar suara gemuruh dan langsung melihat kesumber suara ternyata terjadi tanah longsor yang menimpa ruas jalan dengan panjang sekitar -+ 30 meter, akses jalan tersebut adalah yang menghubungkan desa pamijahan Kecamatan Bantarkalong dengan Desa Mekarlaksana Kecamatan Culamega.

Selanjutnya saksi langsung memberitahukan kejadian tersebut kepada perangkat desa Pamijahan Ansori, yang selanjutnya kamipun diberikan laporannya maka dengan segera kami dan anggota bergerak ke TKP." Ucapnya

Selanjutnya Menghimbau kepada semua warga masyarakat untuk Sementara ini agar jangan dulu untuk melintas ke jalan daerah tersebut dikhawatirkan ada longsor susulan. 

 Dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa atau materil karena lokasi ke pemukiman warga cukup jauh, Dan untuk sementara Kepala Desa Pamijahan, Ipin Aripin bersama warga masyarakat bergotong royong membersihkan material longsoran tanah dan batu, Tetapi untuk mempercepat penanggulangan perlu memakai alat berat (beco) karena panjang sekitar 30 meter dan ketinggian material mencapai -+ 5 meter.

Terjadinya bencana alam tersebut berdasarkan keterangan dari para saksi bahwa dengan intensitas hujan yang deras dan di sertai oleh angin kencang sehingga mengakibatkan bencana akibat hujan deras tersebut, dan tidak menimbulkan korban jiwa dan hanya kerugian materil saja.

E. Langkah - langkah yang diambil oleh Kepolisian Polsek Bantarkalong : 

1. Menerima informasi
2. Melakukan koordinasi dengan Unsur Muspika Kec Bantarkalong, Kec. Culamega
3. Mendatangi TKP
4. Memintai keterangan dari para saksi dan dokumentasi
5. Menghimbau kepada warga masyarakat yang rumahnya berada di sekitaran tanah labil untuk meningkatkan kewaspadaan dan segera menghindar serta mengepakuasi/ mengamankan harta benda.
6. Pengamanan jalur lalu lintas dan mengalihkan jalur ke jalur alternatif
7. Melaporkan ketingkat satuan atas

I. Abdurahman

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar